Beberapa mungkin sedang mencari apa itu kinerja, apa itu indikator dan apa itu indikator kinerja. Dengan membaca artikel berikut ini diharapkan memiliki pemahaman lebih baik mengenai apa itu indikator kinerja.
Menurut id.wikipedia.org yang dimaksud dengan Indikator kinerja atau indikator kinerja utama (IKU) atau ukuran kinerja terpilih (key performance indicators, KPI) adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang dapat dipakai suatu organisasi untuk menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.
KPI digunakan dalam intelijen bisnis untuk menilai keadaan kini suatu bisnis dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan tersebut.
KPI kerap kali dipakai dalam menilai aktivitas-aktivitas yang sulit diukur contohnya dalah keuntungan pengembangan kepemimpinan, perjanjian, layanan, dan kepuasan.
KPI sering dikaitkan dengan strategi organisasi yang contohnya diterapkan oleh teknik-teknik seperti kartu skor berimbang (BSC, balanced scorecard).
Sedangkan Kinerja berawal dari kata job performance atau actual performance yang berarti prestasi kerja atau prestasi sebenarnya yang diperoleh tenaga kerja.
Pengertian kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang didapatkan oleh seorang tenaga kerja sehbungan dengan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Menurut Dessler (2000:41) Kinerja adalah prestasi kerja yang merupakan perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang ditetapkan.
Sedangkan menurut Mangkunagara (2002:22) Kinerja merupakan hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang didapatkan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan.
Rivai dan Basri (2005:50) berpendapat Kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu telah disepakati bersama.
Sedangkan Mathis dan Jackson (2006:65) berfikiran bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pegawai.
Manajemen kinerja merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja masing-masing individu dan kelompok kerja di perusahaan tersebut.
Kinerja merupakan hasil kerja dari tingkah laku (Amstrong, 1999:15). Pengertian kinerja ini berhubungan erat antara hasil kerja dengan tingkah laku.
Sebagai tingkah laku, kinerja merupakan aktivitas manusia yang diarahkan pada pelaksanaan tugas organisasi yang dibebankan kepadanya.
Bagaimana dengan indikator kinerja? Tidak bias dipungkiri bahwa terdapat banyak definisi mengenai indikator kinerja.
Indikator kinerja ada yang mendefinisikan sebagai nilai atau karakteristik tertentu yang digunakan untuk mengukur output atau outcome.
Indikator kinerja juga mendefinisikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk menentukan derajat keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Salah satu definisi lagi menjelaskan bahwa indikator kinerja adalah suatu informasi operasional yang berupa indikasi mengenai kinerja atau kondisi suatu fasilitas atau kelompok fasilitas.
Indikator adalah alat yang diapakai dalam menjelaskan mengenai suatu kondisi. Bila sesuatu dikatakan bagus apa yang dipakai untuk menjelaskan mengenai hal yang disebut bagus itu.
Apabila dikatakan seseorang sudah paham apa yang dipakai untuk menjelaskan mengenai tingkat pemahaman orang tersebut.
Indikator kinerja merupakan indikator yang menjelaskan mengenai kinerja. Hal-hal yang direncanakan akan menjadi kinerja suatu organisasi akan diukur keberhasilan pencapaiannya dengan menggunakan indikator kinerja.
Tipe Indikator terdiri dari angka dan satuannya. Angka menjelaskan mengenai nilai (berapa) dan satuan memberikan arti dari nilai tersebut (apa).
Angka yang digunakan sebagai indikator kinerja menghasilkan beberapa tipe indikator. Berdasarkan tipenya, indikator kinerja dapat dibagi menjadi tipe kualitatif, kuantitas absolut, persentase, rasio, rata-rata, indeks.
Demikian semoga semakin memahami apa yang dimaksud dengan indikator kinerja.
KPI digunakan dalam intelijen bisnis untuk menilai keadaan kini suatu bisnis dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan tersebut.
KPI kerap kali dipakai dalam menilai aktivitas-aktivitas yang sulit diukur contohnya dalah keuntungan pengembangan kepemimpinan, perjanjian, layanan, dan kepuasan.
KPI sering dikaitkan dengan strategi organisasi yang contohnya diterapkan oleh teknik-teknik seperti kartu skor berimbang (BSC, balanced scorecard).
Sedangkan Kinerja berawal dari kata job performance atau actual performance yang berarti prestasi kerja atau prestasi sebenarnya yang diperoleh tenaga kerja.
Pengertian kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang didapatkan oleh seorang tenaga kerja sehbungan dengan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Menurut Dessler (2000:41) Kinerja adalah prestasi kerja yang merupakan perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang ditetapkan.
Sedangkan menurut Mangkunagara (2002:22) Kinerja merupakan hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang didapatkan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan.
Rivai dan Basri (2005:50) berpendapat Kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu telah disepakati bersama.
Sedangkan Mathis dan Jackson (2006:65) berfikiran bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pegawai.
Manajemen kinerja merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja masing-masing individu dan kelompok kerja di perusahaan tersebut.
Kinerja merupakan hasil kerja dari tingkah laku (Amstrong, 1999:15). Pengertian kinerja ini berhubungan erat antara hasil kerja dengan tingkah laku.
Sebagai tingkah laku, kinerja merupakan aktivitas manusia yang diarahkan pada pelaksanaan tugas organisasi yang dibebankan kepadanya.
Bagaimana dengan indikator kinerja? Tidak bias dipungkiri bahwa terdapat banyak definisi mengenai indikator kinerja.
Indikator kinerja ada yang mendefinisikan sebagai nilai atau karakteristik tertentu yang digunakan untuk mengukur output atau outcome.
Indikator kinerja juga mendefinisikan sebagai alat ukur yang digunakan untuk menentukan derajat keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Salah satu definisi lagi menjelaskan bahwa indikator kinerja adalah suatu informasi operasional yang berupa indikasi mengenai kinerja atau kondisi suatu fasilitas atau kelompok fasilitas.
Indikator adalah alat yang diapakai dalam menjelaskan mengenai suatu kondisi. Bila sesuatu dikatakan bagus apa yang dipakai untuk menjelaskan mengenai hal yang disebut bagus itu.
Apabila dikatakan seseorang sudah paham apa yang dipakai untuk menjelaskan mengenai tingkat pemahaman orang tersebut.
Indikator kinerja merupakan indikator yang menjelaskan mengenai kinerja. Hal-hal yang direncanakan akan menjadi kinerja suatu organisasi akan diukur keberhasilan pencapaiannya dengan menggunakan indikator kinerja.
Tipe Indikator terdiri dari angka dan satuannya. Angka menjelaskan mengenai nilai (berapa) dan satuan memberikan arti dari nilai tersebut (apa).
Angka yang digunakan sebagai indikator kinerja menghasilkan beberapa tipe indikator. Berdasarkan tipenya, indikator kinerja dapat dibagi menjadi tipe kualitatif, kuantitas absolut, persentase, rasio, rata-rata, indeks.
Demikian semoga semakin memahami apa yang dimaksud dengan indikator kinerja.
0 comments